Klaten Populer dengan Rekreasi Air

Klaten Populer dengan Rekreasi Air

Klaten Populer dengan Rekreasi Air – Kabupaten di Provinsi Jateng, ini terkenal akan piknik air yang tidak terhitung jumlahnya.

Semua kegiatan rutin yang berkaitan dengan air seperti berenang misalnya, asyik sekali jika tentukan Klaten sebagai rujukan.

Klaten Populer dengan Rekreasi Air, Spot Ini Tidak Bisa Terlewati

Dan berikut, lima spot piknik air di Klaten yang tidak boleh kamu lewatkan. Jangan sampai lupa catat nama tempatnya, ya!

Klaten Populer Rekreasi Air Waduk Rowo Jombor

Dahulu sepi pencinta, saat ini piknik air ini menjadi tujuan akhir pekan dengan keluarga yang ditetapkan oleh masyarakat Klaten dan sekitarnya.

Susuri danau dengan perahu, membidik gambar pada spot-spot kece, sampai kulineran di rumah makan apung, beberapa kegiatan rutin menyenangkan yang dapat wisatawan lakukan sesudah datang ke sini.

Piknik Mata Air Cokro Umbul Ingas Klaten Populer Rekreasi Air

Mata air di spot piknik ini jernih sekali, lho! Berbagai kegiatan rutin outdoor yang luar biasa bisa dikerjakan di Piknik Mata Air Cokro Umbul Ingas seperti berenang, snorkeling, river tubing, rafting, dan ada beberapa lainnya.

Di lingkup tempat piknik ini banyak pedagang yang tawarkan bermacam makanan. Karena itu usai lelah bermain dengan air tak perlu kuatir permasalahan perut!

Umbul Ponggok

Nama piknik Umbul Ponggok pernah viral karena banyak wisatawan menunjukkan berfoto di air yang jernih. Bukan hanya foto! Karena di air ada properti foto yang cukup unik meliputi kendaraan memiliki roda 2, meja, kursi, tv dan ada beberapa lainnya.

Menariknya, bermacam warna ikan banyak dijumpai di Umbul Ponggok yang membuat foto kamu seperti kembali berada di dasar laut.

River Moon Kali Pusur

River tubing jadi atraksi favorit yang ditawarkan spot piknik ini. Tapi kamu tak perlu bersedih karena River Moon Kali Pusur dilengkapi dengan fasilitas asyik lainnya seperti fasilitas kekuatan game sampai camping.

Spot ini cocok sekali dikunjungi tamu barisan seperti keluarga sampai perusahaan. Bisalah ajak rekanan geng kamu untuk merasakanan serunya river tubing di sini!

Klaten Populer Rekreasi Air Embung Tirto Mulyo

Embung Tirto Mulyo sebenarnya seperti tempat penampungan air hujan yang ada di Kemalang. Tapi, hadirnya jadi spot menarik buat dikunjungi karena punya view memesona dari Gunung Merapi.

Rileks sampai fotografi, adalah kegiatan rutin menyenangkan yang sering dikerjakan oleh pengunjung saat berada di Embung Tirto Mulyo.

Sejauh ini, apa hatimu mulai tergelitik untuk menghampirinya? Sebelum kamu rekreasi ke Kota Yogyakarta atau Solo, jangan sampai lupa untuk main sebentar ke Klaten dan bertandang spot yang telah disebutkan baru saja.

Ingat, karena beberapa diantaranya ajakmu bermain berbasahan, jangan sampai lupa untuk membawa pakaian ganti!

Kerajinan Keunikan yang Harus Kamu Beli Saat Liburan ke Klaten

Ada di antara kota Solo dan Yogyakarta membuat Klaten memiliki keunikannya tertentu. Banyaknya orang yang melalui Klaten untuk bolak-balik Solo-Yogyakarta buat jadi Klaten sebagai diantaranya kota dengan berbagai hal menarik.

Bukan hanya Umbul Ponggok saja sebagai legenda, tapi Klaten punya berbagai makanan unik dan kerajinan yang semestinya kamu coba saat liburan ke sini. Berikut lima kerajinan unik yang hanya keunikan Klaten yang hanya ada di #WonderfulIndonesia.

  1. Kerajinan gerabah di desa Melikan

Bila Yogyakarta punya desa Kasongan, di Klaten ada desa Melikan yang serupa sentra pengrajin gerabah. Walau secara administratif Desa Piknik Melikan ada pada Kecamatan Wedi, tapi gerabah yang dibikin sering disebutkan sebagai gerabah Bayat.

Menurut masyarakat sekitar, ada tradisi pembuatan gerabah di Bayat tidak terlepas dari peran Sunan Pandanaran atau yang sering disebutkan sebagai Sunan Tembayat atau Pangeran Mangkubumi yang disebutkan figure penyebar agama Islam di Kabupaten Klaten, khususnya di Bayat.

  1. Kerajinan bebek akar bambu, desa Jambukulon

Beritanya, bukan hanya warga Jambu Kulon yang membuat kerajinan akar bambu. Tapi, karena berada paling dekat pada jalan raya, usaha menjadi lebih laris bahkan juga ke luar negeri.

1 km dari jalan Jogja-Solo, kamu bisa melihat beberapa puluh pengrajin bambu dan kayu sedang langsungkan saung. Ada yang hanya ditawarkan, ada yang mengekspos prosesnya dari awalannya.

Untuk kerajinan seperti akar bambu, pengrajin memutuskan harga beberapa puluh ribu sampai beberapa ratus ribu rupiah tergantung bentuk dan ukuran.

  1. Kerajinan batik lurik di kecamatan Pedan

Saat ini, Klaten sebagai daerah yang paling memperhatikan keberlanjutan kerajinan tenun lurik. Tidak salah jika disebut Kabupaten Klaten adalah ibu kotanya tenun lurik.

Ada banyak desa sebagai sentra pengrajin lurik. Bahkan jika kita masuk atau lewat kota Klaten, di pintu masuk kita akan merasakan sebuah tugu berupa patung orang yang dianyam dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).

Di kawasan ini, lurik memiliki kisah yang panjang. Ada Sentra Tenun Lurik yang sukses bertahan sampai saat ini, tapi banyak juga yang penting gulung alas.

Sejak 1950, Prasodjo Tenun Center yang dibuat oleh Sumo Hartono dapat bertahan. Nama itu seterusnya disingkat jadi SH dan jadi lambang merek.

  1. Kerajinan payung hias di desa Juwiring

Payung Juwiring adalah kerajinan payung cantik keunikan Klaten, Jateng yang dibikin dari kertas dan dicat dengan warna yang menarik. Payung ini telah digunakan dalam pemakaman di desa-desa pada tempat sejak zaman Belanda.

Pada saat awalannya pembuatan, payung Juwiring kerap warna gelap, seperti cokelat, hitam, dan merah marun. Saat itu, orang tentukan payung plastik karena memiliki bahan yang bertahan lama dan warna yang berbagai dan harga yang relatif murah.

  1. Sentra kerajinan wayang klithik di Karangnongko

Dusun Perlu ditetapkan sebagai KBA (Wilayah Berseri Astra) karena berpotensi untuk melestarikan budaya wayang kulit. Sejumlah besar penduduknya telah menjadi produsen wayang kulit dan memiliki Barisan Usaha Bersama (KUBe). Karenanya, saat ini tidak cuma pelestarian, tapi juga jadi sumber ekonomi inovatif lokal.

Sama dengan Wayang Golek, wayang Klithik dibikin dari kayu. Bedanya, wayang klithik tidak berbentuk tiga dimensi, tapi berbentuk gepeng seperti wayang kulit. Untuk membuat Wayang Klithik, pengrajin menggunakan kayu sengon karena betul-betul empuk dan mudah dibikin.

Itu lima kerajinan unik yang semestinya kamu beli saat berkunjung ke Klaten. Hanya #DiIndonesiaAja kamu bisa peroleh kerajinan-kerajinan unik seperti ini. Tapi ingat untuk selalu taati proses kesehatan saat pelesiran ya.

Berbagai informasi lainnya seputar dunia wisata bisa kunjungi halaman https://wisata-ekstrim.com