Alasan Hilangnya Nomor 13 dan 17 di Pesawat

Alasan Hilangnya Nomor 13 dan 17 di Pesawat

Alasan Hilangnya Nomor 13 dan 17 di Pesawat – Bicara mengenai dogma yang menyelimutinya angka pastinya sebagian percaya akan angka sial.

Untuk beberapa warga angka 13 dan 14 sebagai lambang kemalangan.  Bahkan juga bangsa Eropa dan Amerika yang dipandang maju dalam tehnologi.

Masih tetap memercayai dogma angka 13. Adapun untuk beberapa masyarakat Tionghoa, angka 4 jadi pertanda kematian.

Oleh karenanya, segala hal yang memiliki kandungan angka 4 sedapat mungkin mereka jauhi, terhitung di pesawat.

Alasan Hilangnya Bangku Nomor 13 dan 17 di Pesawat, Salah Satunya Yakin Takhayul

Di China, rasanya tidak mungkin mendapati lift, lantai apartemen, atau alamat yang mengandung angka 13 dan 14 atau yang mempunyai gabungan angka 4. Di pertokoan Jakarta, beberapa lift masihlah ada yang mempunyai angka 4. Tetapi, untuk angka 13 rasanya akan susah kita temukan.

Baca Juga: India Kuil Unik Melayang

Angka 13 dan 14 juga rupanya “ditakutkan” oleh beberapa maskapal penerbangan. Dalam pesawat yang mereka operasikan tidak ada bangku nomor 13 dan 14. Sesudah bangku nomor 12 langsung sampai bangku 15. Beberapa sumber di maskapal penerbangan menjelaskan, mereka menghargai keyakinan beberapa penumpang yang beragam ragam.

Dahulu, kata seorang staff maskapal penerbangan swasta di Indonesia, faksinya pernah mempunyai bangku nomor 13 dan 14. Tetapi, saat check-in, ada banyak penumpang yang mendapatkan nomor itu meminta berpindah tempat duduk. Dalam perubahannya, ke-2 nomor itu ditetapkan dihilangkan dalam penomoran bangku di pesawat.

Bahkan juga tidak hanya bangku, beberapa maskapal di Indonesia menghindar code register yang berkesan seperti angka 13. Code register umumnya ada pada bagian ekor pesawat, di dekat pintu belakang atau pada bagian bawah vertical stabilizer, yang terdiri dari beberapa huruf. Dalam masalah ini, huruf B coba dijauhi karena formasnyai dipandang seperti angka 13 yang dirapatkan.

Pesawat terbang menjadi salah satu model transportasi yang sering diputuskan pelancong untuk traveling atau pergi jarak jauh. Kecuali dapat memotong waktu, perjalanan yang nyaman sampai awaknya yang ramah jadi argumen, mengapa pesawat menjadi salah satu transportasi favorite warga.

Tetapi, entahlah sadar atau mungkin tidak, beberapa maskapal tidak masukkan bangku nomor 13 dan 17 dalam posisi map bangku pesawat. Dua nomor sakral itu menyengaja dilangkahi dari bangku nomor 12 dan 16.

Lalu, mengapa begitu? Rupanya, hilangnya ke-2 nomor itu ada hubungan dengan sebuah mitos.

Alasan Hilangnya Nomor 13 dan 17 di Pesawat

Dikutip The Sun, nomor 13 dipandang seperti nomor sakral yang dihubungkan dengan kemalangan, angka jelek, dan bawa ketidak keberuntungan.

Disamping itu, nomor 13 dipandang seperti Yudan Iskariot, yakni seorang siswa yang mengkhianati Yesus. Maka orang yang duduk di kursi nomor 13 dipandang perjamuan paling akhir atau tumbal.

Air France, Iberia, dan Ryanair ialah beberapa maskapal penerbangan yang tidak mempunyai bangku baris 13. Seorang jubir Ryanair menjelaskan jika peraturan itu bukan kemauan maskapal, tetapi adat manufacturing Amerika.

Tidak cuma maskapal penerbangan, beberapa hotel menghapus ruang bernomor kramat itu. Kecuali 13, nomor 17 dihilangkan dalam posisi bangku pesawat. Salah satunya maskapal yang melakukan ialah Lufthansa.

“Di sejumlah budaya, angka 13 dipandang sial. Itu penyebabnya tidak ada baris ke-13 di pesawat, karena kami menghargai takhayul,” tutur faksi Lufthansa.

Saat itu, angka 17 dipandang apes karena bila diganti ke angka romawi ‘XVII’ angka itu mempunyai makna “hidupku usai sudah” dengan bahasa latin. Dogma yang memandang 13 dan 17 sebagai angka sakral masih dipercaya di sejumlah negara, seperti Italia dan Brasil.

“Menyaksikan Lufthansa menyongsong banyak penumpang internasional, kami coba menimbang sebanyak-banyaknya keyakinan budaya yang detil ini,” kata perwakilan Lufthansa.

Bagaimana, kamu pernah mendapati bangku nomor 13 dan 17 saat naik pesawat?

Lion Air Berikan Service Gratis Bagasi 15 Kg untuk Jalur Lokal, Ini Ketentuannya

Lion Air sediakan service gratis bagasi 15 kg untuk penerbangan jalur Jakarta-Batam dan Batam-Jakarta mulai Senin 22 Februari 2021.

Nanti, service gratis itu akan berlaku sesudah ditimbang dan dibawa ke ruangan bagasi atau kompartemen ekspedisi pesawat udara.

Danang menerangkan, ketetapan penerapan gratis bagasi 15 kg, yaitu khusus calon penumpang yang memiliki ticket penerbangan Lion Air pada masa pemesanan mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya.

Ini Code Rahasia yang Disampaikan Pilot Saat Beberapa detik Pesawat Akan Jatuh

Tetapi, bukti unik sekitar penerbangan tidak cuma berputar-putar mengenai pilot dan pramugari saja, beberapa bukti dunia penerbangan berkaitan proses keselamatan sampai kode-kode rahasia pesawat juga harus tahu oleh penumpang.

Pilot dan awak kabin mempunyai code rahasia yang mereka pakai ketika keadaan genting terjadi. Code rahasia ini umumnya diberi untuk memberitahu ke sama-sama awak kabin akan terjadi kejadian yang mencelakakan, terhitung saat pesawat akan jatuh.

Dikutip The Sun, code yang sering dipakai pilot untuk menyaratkan keadaan genting saat penerbangan disebutkan dengan istilah “Easy Victor “.Bukti itu terlewati saat pemakai Quora bertanya makna dari kalimat yang sering disampaikan awak kabin.

Pramugari Kevin Barrett, yang bekerja di industri penerbangan sepanjang 20 tahun, benarkan jika code itu memang mempunyai makna penyelamatan. Tetapi, Barret menerangkan code genting seperti ini umumnya tak pernah dilemparkan lewat speaker.

Dan penumpang sudah mengetahui ada permasalahan jauh saat sebelum pilot menjelaskan ini,” kata Barrett.

Selanjutnya, dia menjelaskan jika kalimat itu bahkan juga tak pernah kedengar, terkecuali di saat training sepanjang dia bekerja saja. Ia menjelaskan code Easy Victor akan dipakai dalam kejadian yang paling langka.

Tetapi, Barrett mengutamakan jika beberapa penumpang pesawat perlu ketahui begitu keutamaan code rahasia itu saat lakukan penerbangan. Dia menghimbau supaya penumpang terus memerhatikan panduan yang diinstruksi pramugari.

Tetapi selalu dengar (semua perintah) pramugari,” catat Kevin, dalam komunitas bertanya jawab Quora.

Kecuali Easy Victor, ada beberapa kata dan frasa yang dipakai dalam penerbangan yang bermakna keadaan bahaya. Berikut code rahasia yang disampaikan pilot saat pesawat yang ditunggangi ada dalam bahaya.

  1. 7500 atau Squawk

7500 atau Squawk ialah code rahasia yang dipakai di antara pilot dan petugas kontrol jalan raya udara yang menerangkan jika pesawat sudah terancam dibajak atau dibajak.

  1. Mayday

Kata umum yang dipakai saat terjadi keadaan genting di pesawat dan memberikan ancaman keselamatan pesawat, misalkan terjadi ketidakberhasilan kebakaran atau mesin.

Mayday berawal dari Bahasa Prancis (m’aidez) yang bermakna “tolong saya “.Umumnya Mayday diulangi 3x di awal panggilan.

  1. Pan-pan

Pan-pan umumnya dipakai pada kondisi genting, tapi tidak begitu serius. Frasa itu berawal dari Bahasa Prancis (panne) yang maknanya masalah dan disampaikan 3x di awal panggilan.

Bila dengar awak pesawat menjelaskan tiga frasa ini, tidak boleh cepat-cepat cemas dan bergerak dari kursi. Karena, beberapa penumpang yang cemas dan bawa tas mereka malah akan menyulitkan proses penyelamatan.

Khususnya penumpang yang keluar dari penuhi lorong dan bangku. Seperti standard ketentuan keselamatan pada udara, awak pesawat cuman punyai waktu 90 detik untuk mengevakuasi semua penumpang.